Asal Mula Teknik Cetak Sablon Kaos Hingga Saat Ini

Cetak sablon bahan sudah ada pada tahun 1660-an di Negara Jepang. Pada saat itu teknik ini dikembangkang oleh Zisukeo Mirose dan Miyasaki untuk membuat desain cetak sablon di kimono. Hal ini mengacu kepada arahan Kaisar saat itu yang melarang menggunakan desain tulisan tangan pada kain kimono. Saat ditemukannya teknik sablon ini, teknik ini masih belum berkembang hingga waktu yang lama, dikarenakan belum ditemukannya bahan halus seperti screen.

Asal Mula Teknik Cetak Sablon Kaos Hingga Saat Ini

Pria berkebangsaan Inggris bernama Samuel Simon menemukan teknik sablon baru dengan menggunakan bahan chiffon sebagai pola untuk mencetak. Bahan chiffon ini merupakan bahan rajutan dari bahan sutera halus yang digunakan sebagai screen. Teknik penyablonannya dengan menggunakan tinta yang dialirkan pada objek yang akan disablon sesuai dengan pola yang telah dibuat. Hingga akhirnya teknik ini dikenal dengan nama schablon yang kemudian terkenal dengan nama sablon sebagai bahasa serapan.

Asal Mula Teknik Cetak Sablon Kaos Hingga Saat Ini

Dengan kemajuan teknologi saat ini, teknik sablon menjadi semakin mudah dan mutahir. Penemuan mesin digital printing DTG menjadi awal mula teknik sablon kaos dengan hasil sempurna dan tidak pecah. Teknik sablon ini sangat bagus sekali untuk mencetak desain pada kaos 3d. oleh karena itu para distributor kaos 3d keren menggunakan mesin DTG untuk mencetak desain 3 dimensi yang sempurna pada kaos.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*